Our Own Work

Memotong Huruf-huruf dengan Shapeoko, dan Membuat Papan Nama

Let’s spend a post sharing Antariksa’s Indonesian translation for one of our posts. We really appreciate this, Antariksa!

Hai! Ini Hiro.
Mesin potong ShapeOko CNC milik Studio Kura kami beli pada bulan April, dan tak terpakai beberapa waktu lamanya. Tapi ketika Sunset Live berakhir saya akhirnya punya waktu untuk membuat sesuatu dan memanfaatkan mesin ini. Ini adalah perangkat keras open source yang dibuat oleh Edward Ford di Amerika Serikat.

Untuk mengubah gambar menjadi G Code, saya memasang G-Code Tools pada Inkscape, sebuah piranti lunak open source. Lalu saya mengirim data ke Shapeoko dengan mengunakan Gcode Sender. Anda bisa membaca lebih jauh tentang hal ini di Shapeoko wiki. Sumber yang berguna, karena sangat rinci.


Saya memotong beberapa huruf dan membuatnya menjadi sebuah papan nama. Kini kita bisa melihat kemungkinan yang lebih besar: membuat mainan kayu rakitan, puzzle, atau merancang bentuk-bentuk lain dengan menggunakan Processing open source IDE/framework, membuat potongan-potongan untuk pesawat rakitan, menambahkan benda-benda untuk kelas seni, membuat hal-hal baru, membawa Itoshima Arts Farm menuju peristiwa open source dan open design… Begitu banyak gagasan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *